-->

5 Momen dan 6 langka Cuci Tangan (Hand Hygiene) Yang Benar Dan Terbaru Menurut WHO-Cinta Sehat

Pada Kesempatan Kali ini kami akan membagikan artikel tentang 5 Momen dan 6 langka Cuci Tangan (Hand Hygiene) yang Benar Dan Terbaru Menurut WHO.
Pada dasarnya memcuci tangan sangatlah mudah tetapi yang kita bagikan ini mempunyai standar berdasarkan dunia kesehatan baik kemenkes dan Who dengan tujuan agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit yang sebagian besar terdapat pada tangan kita yang terkena berbagai macam bakteri ataupun virus. Maka dari itu jagalah kesehatan diri kita dengan membiasakan mencuci tangan dimanpun berada dengan memcuci tangan yang benar. Berikut 5 momen cuci tangan / Cara mencuci tangan yang benar menurut kemenkes,Who / Dunia Kesehatan:

Standar Prosedur Operasional dari cuci tangan ini merupakan program dari PPI yang ada di masing-masing instansi kesehatan. PPI sendiri merupakan sebuah tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi yang menjadi ujung tombak terlaksananya tata kelola kesehatan yang baik. Tidak hanya sekedar cuci tangan, bahkan tata letak sebuah ruangan atau bangunan yang ada di rumah sakit harus sesuai dengan SPO yang ada pada PPI

Bagaimana cara melakukan cuci tangan? Melakukan cuci tangan biasa memang sangat mudah untuk dilakukan, cukup membasuh tangan dengan air dan sabun tapi bagaimana dengan cuci tangan sesuai dengan standar WHO? Namun sebelum melakukan 5 momen cuci tangan ini, kita harus mengetahui terlebih dulu kapan dan dimana momen cuci tangan ini dilakukan? Dan kenapa harus melakukan cuci tangan?


5 Momen dan 6 langka Cuci Tangan (Hand Hygiene) Yang Benar

5 (LIMA) MOMEN CUCI TANGAN:


  1. Sebelum kontak dengan pasien
  2. Sebelum tindakan aseptic
  3. Setelah terkena cairan tubuh pasien
  4. Setelah kontak dengan pasien
  5. Setelah menyentuh lingkungan sekitar pasien

6 (ENAM) LANGKAH CUCI TANGAN:


  1. Tuang cairan handrub pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan


PRINSIP DARI 6 LANGKAH CUCI TANGAN ANTARA LAIN:

  1. Dilakukan dengan menggosokkan tangan menggunakan cairan antiseptik (handrub) atau dengan air mengalir dan sabun antiseptik (handwash)
  2. Handrub dilakukan selama 20-30 detik sedangkan handwash 40-60 detik.
  3. 5 (lima) kali melakukan handrub sebaiknya diselingi 1 kali handwash

Kenapa harus melakukan cuci tangan? Semua karyawan (tidak hanya perawat) yang ada di rumah sakit wajib melakukan cuci tangan dan bahkan pasien, keluarga pasien serta pengunjung pasien harus memahami 5 saat mencuci tangan ini dengan sangat baik dengan tujuan untuk mencegah terjadinya penyebaran kuman dan infeksi kepada orang lain, sehingga salah satu prinsip pencegahan dan kontrol infeksi yang merupakan program PPI dapat berjalan dengan baik. Dan semua ini bukan semata-mata untuk program PPI saja, tapi untuk tujuan dan kebaikan bersama dalam meningkatkan kesehatan yang lebih baik


Terima Kasih sudah membaca artikel kami semoga bermanfaat dan kita sehat selalu terhindar dari berbagai macam penyakit.
Salam Cinta Sehat.........



0 Response to "5 Momen dan 6 langka Cuci Tangan (Hand Hygiene) Yang Benar Dan Terbaru Menurut WHO-Cinta Sehat"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel