-->

Glaukoma : Pengertian, Penyebab, Patofisiologi, Pathway , Tanda dan Gejala serta Komplikasi Glaukoma- Cinta Sehat

Tidak henti-hentinya kami membagikan artikel yang mengenai berbagai macam penyakit kali ini tentang penyakit Glaukoma, dengan tujuan agar teman-teman memahami penyakit glaukoma agar kita bisa mendeteksi lebih dini atau bisa mencegah penyakit glaukoma terhadap diri kita ataupun keluarga tercinta.

Berikut ini kami akan membagikan artikel tentang Pengertian penyakit glaukoma, Penyebab glaukoma, patofisiologi glaukoma, pathway glaukoma, tanda dan gejala serta komplikasi penyakit glaukoma.

PENYAKIT GLAUKOMA

DEFINISI

Glaukoma adalah suatu penyakit yang memberikan gambaran klinik berupa peninggian tekanan bola mata, penggaungan papil saraf optik dengan defek lapang pandangan mata.(Sidarta Ilyas,2000).

Galukoma adalah sekelompok kelainan mata yang ditandai dengan peningkatan tekanan intraokuler.( Long Barbara, 1996)

ETIOLOGI

Penyakit yang ditandai dengan peninggian tekanan intraokuler ini disebabkan oleh :

  • Bertambahnya produksi cairan mata oleh badan ciliary
  • Berkurangnya pengeluaran cairan mata di daerah sudut bilik mata atau di celah pupil

PATOFISIOLOGI

Tekanan Intra Okuler ditentukan oleh kecepatan produksi akues humor dan aliran keluar akues humor dari mata. TIO normal 10 – 21 mmHg dan dipertahankan selama terdapat keseimbangan antara produksi dan aliran akueos humor. Akueos humor diproduksi di dalam badan silier dan mengalir ke luar melalui kanal schlemm ke dalam sistem vena. Ketidakseimbangan dapat terjadi akibat produksi berlebih badan silier atau oleh peningkatan hambatan abnormal terhadap aliran keluar akueos melalui camera oculi anterior (COA). Peningkatan tekanan intraokuler > 23 mmHg memerlukan evaluasi yang seksama. Iskemia menyebabkan struktur ini kehilangan fungsinya secara bertahap. Kerusakan jaringan biasanya dimulai dari perifer dan bergerak menuju fovea sentralis. Kerusakan visus dan kerusakan saraf optik dan retina adalah ireversibel dan hal ini bersifat permanen tanpa penanganan, glaukoma dapat menyebabkan kebutaan. Hilangnya penglihatan ditandai dengan adanya titik buta pada lapang pandang.

PATHWAY GLAUKOMA




TANDA DAN GEJALA

1.Glaukoma primer

  • Glaukoma sudut terbuka: Kerusakan visus yang serius, Lapang pandang, mengecil dengan macam–macam skotoma yang khas, Perjalanan penyakit progresif lambat
  • Glaukoma sudut tertutup: Nyeri hebat didalam dan sekitar mata, Timbulnya halo di sekitar cahaya, Pandangan kabur, Sakit kepala, Mual, muntah, Kedinginan, Demam bahkan perasaan takut mati mirip serangan angina, yang dapat sedemikian kuatnya sehingga keluhan mata (gangguan penglihatan, foto fobia dan lakrimasi) tidak begitu dirasakan oleh klien

2.Glaukoma sekunder: Pembesaran bola mata, Gangguan lapang pandang, Nyeri di dalam mata

3.Glaukoma kongenital: Gangguan penglihatan


KOMPLIKASI

Jika tidak diobati, bola mata akan membesar dan hampir dapat dipastikan akan terjadi kebutaan.

PEMERIKSAAN PENUNJANG

  1. Pemeriksaan retina
  2. Pengukuran tekanan intraokuler dengan menggunakan tonometri
  3. Pemeriksaan lapang pandang
  4. Pemeriksaan ketajaman penglihatan
  5. Pemeriksaan refraksi
  6. Respon refleks pupil
  7. Pemeriksaan slit lamp
Demikanlah Penjelasan tentang penyakit Glaukoma semoga bermanfaat dan sehat selalu...

0 Response to "Glaukoma : Pengertian, Penyebab, Patofisiologi, Pathway , Tanda dan Gejala serta Komplikasi Glaukoma- Cinta Sehat"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel