-->

Kandungan Gizi / Nutrisi Yang Terdapat pada Air Susu Ibu (ASI) Lengkap Jumlah / Komposisi yang dibutuhkan Bayi-KiatPastiSehat

Pada Kesempatan Ini kami Akan membagikan suatu artikel untuk para ibu -ibu yang masih kurang paham bagai mana / berapa banyak jumlah / kompesisi Air susu ibu / ASI yang dibutuhkan seorang bayi serta di artike ini juga di jelaskan Kandungan gizi / nutrisi yang terdapat pada ASI seperti Lemak, protein, karbohidrat, kolestrol, vitamin, mineral serta contoh makan yang  mengandung nutrisi tersebut.

Baca juga :


Komposisi Asi Sesuai Kebutuhan Bayi


Karena ASI merupakan cairan "hidup" yang mengandung zat-zat antara lain daya tahan tubuh, sedangkan susu formula adalah cairan "mati" yang tak mengandung antibodi. Perlu diketahui juga, komposisi ASI selalu berubah-ubah sesuai kebutuhan bayi. Umpamanya, ASI yang keluar beberapa saat setelah persalinan sampai 4 hari pertama (kolostrum) berbeda komposisinya dengan ASI yang keluar setelah itu (ASI transisi dan ASI matur). Berikut penjelasan Ketua Yayasan Sentra Laktasi Indonesia :

a. ASI hari I hingga kurang lebih ke-4 (kolostrum)

Kolustrum bisa dikatakan sebagai "imunisasi" pertama yang diterima bayi karena banyak mengandung protein untuk daya tubuh yang berfungsi sebagai pembunuh kuman dalam jumlah tinggi. Kadarnya 17 kali dibandingkan dengan ASI matur.

b. ASI hari ke-3 hingga kurang lebih ke-10 (ASI transisi)

Kadar protein ASI transisi sudah berkurang sementara kadar karbohidrat dan lemaknya meningkat. Begitu juga dengan volumenya yang makin banyak sesuai kebutuhan menyusu bayi yang semakin tinggi.

c. ASI hari ke-10 dan selanjutnya (ASI matur).

Komposisi ASI yang keluar pada isapan-isapan pertama (foremilk) juga berbeda dengan komposisi yang terkandung pada isapan-isapan akhir (hindmilk). “Hindmilk” mengandung lemak dan karbohidratnya lebih banyak dibandingkan foremilk.


Berikut ini komposisi / kandungan yang terdapat dalam ASI :

a. Lemak
Kadar lemak ASI berubah-ubah secara otomatis sesuai kebutuhan kalori bayi dari hari ke hari. ASI mengandung enzim lipase pencerna lemak sehingga lemak ASI mudah dicerna dan diserap. Sekitar 80% lemak ASI berjenis long chain polyunsaturated fatty acid (lemak ikatan panjang). Antara lain omega 3 (EPA dan DHA), omega 6 (AA) yang merupakan komponen penting untuk pertumbuhan otak.

b. Kolesterol
Manfaat kolesterol dalam ASI antara lain untuk meningkatkan pertumbkuhan otak. Selain itu olesterol berfungsi dalam pembentukan enzim metabolisme kolesterol. Metabolisme itu akan mengendalikan kadar kolesterol di kemudian hari sehingga mencegah serangan jantung.

c. Protein
Kandungan protein dalam ASI lebih tinggi dan lebih mudah dicerna oleh usus bayi. Selain berguna sebagai daya tahan tubuh, protein diperlukan pula untuk pertumbuhan otak.

d. Karbohidrat
Karbohidrat utama ASI adalah laktosa. Gunanya untuk pertumbuhan otak, meningkatkan penyerapan kalsium, meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang baik yaitu lactbacillus bifidus, menghambat pertumbuhan bakteri yang berbahaya.

e. Vitamin dan Mineral
ASI mengandung vitamin dan mineral yang lengkap. Hampir semua vitamin dan mineral dalam ASI diserap tubuh bayi. Perlu juga disadari bahwa masih banyak zat yang terkandung dalam ASI namun belum diketahui kegunaannya



Terimah Kasih Sudah membaca Artikel Kandungan Gizi / Nutrisi Yang Terdapat pada Air Susu Ibu (ASI) Yang Sesuai Dengan Jumlah / Komposisi Kebutuhan Bayi semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan yang baru buat kita semua dan khususnya para ibu dimana[un berada.

0 Response to "Kandungan Gizi / Nutrisi Yang Terdapat pada Air Susu Ibu (ASI) Lengkap Jumlah / Komposisi yang dibutuhkan Bayi-KiatPastiSehat"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel